Pages

Kamis, 05 Februari 2015

Cara membuat Jus Mengkudu yang Enak dan Nikmat Tiada Tara

Cara membuat Jus Mengkudu yang Enak dan Nikmat Tiada Tara.

Buah mengkudu dikenal memiliki berbagai khasiat untuk kesehatan, yaitu sebagai anti-inflamasi, analgesic, melawan kuman merugikan, meningkatkan daya tahan tubuh, sebagai anti-kanker, mencerahkan kulit dan masih banyak lagi lainnya. Mencermati hal tersebut, wajar jika sebagian orang memaksakan diri mengkonsumsi mengkudu ini. Nah, bagi Anda yang juga menginginkan khasiat mengkudu, sebenarnya ada beragam cara mengolah daging buahnya agar lebih nikmat di lidah. Salah satunya dengan dijadikan jus bersama dengan bahan lain. Jika Anda penasaran, berikut kami sajikan cara membuat jus mengkudu nikmat dan praktis.

Cara membuat jus mengkudu agar tidak bau dan rasanya enak untuk diminum yaitu pilih buah yang sudah masak tetapi masih berwarna hijau tua.

Mengapa bisa begitu?

Karena mengkudu matang yang berwarna hijau memiliki kandungan bioaktif paling tinggi dan baunya berada pada kadar paling rendah. Anda juga bisa menambahkan bahan lain seperti anggur atau apel sehingga aroma tidak sedap pada jus dapat berkurang.

Untuk segelas jus mengkudu nikmat, mulailah dengan menyiapkan bahan-bahan antara lain:

  • 2 buah buah mengkudu yang matangnya pas. Berwarna kuning namun belum mengeluarkan aroma yang tajam.
  • Madu organik sebanyak 5 sendok makan.
  • Gula pasir (pilih yang rendah kalori) sebanyak 2 sendok makan.
  • Sirup rasa vanili sebanyak 1 sendok makan.
  • Es serut sebanyak ¾ gelas.
  • Air matang sebanyak 250 ml.

Pantangan yang harus dihindari saat mengkonsumsi jus buah mengkudu adalah meminum kopi, teh atau minuman beralkohol. Selain itu, hentikan dulu kebiasaan merokok agar khasiatnya bisa terasa dalam beberapa hari kedepan.

Berikut ini beberapa resep yang memanfaatkan buah mengkudu sebagai obat.

Obat Hipertensi

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu dibuang bijinya, lalu diparut. Sebauh mentimun diparut dan diperas. Tuangkan air mentimun ke ramuan mengkudu, beri gula aren dan 2 gelas air panas. Saring. Ramuan ini diminum untuk 3x sehari.

Cacing gelang

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu masak dicuci, lalu dipartu. Beri sesendok makan garam. Peras dengan kain. Ramuan ini untuk diminum 3x sehari.

Melancarkan air seni

Cara pengobatan: Sama dengan resep untuk cacing gelang.

Mengobati Batuk

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu masak dicuci, diparut, lalu diperas. Beri gula batu secukupnya dan sedikit air perasan jeruk nipis. Minum ramuan ini 3x sehari.

Mengobati Diabetes

Cara pengobatan: Beberapa helai daun mengkudu dicuci, lalu direbus sampai matang. Daun ini dimakan sebagai lalap.

Radang usus

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu matang dicuci, lalu dilumatkan. Peras, beri madu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari.

Diare pada anak

Cara pengobatan: 2 helai daun mengkudu dicuci, lalu diolesi minyak goreng, dan garang di atas api sampai layu. Tempelkan sehelai di perut, sehelai di punggung. Bebat dengan gurita.

Kulit bersisik

Cara pengobatan: 1 buah mengkudu matang diremas-remas, lalu digosokkan pada kulit yang bersisik. Diamkan selama 15 menit, kemudian cuci dengan air hangat.

Hepatitis

Cara pengobatan: 2 buah mengkudu masak diparut, lalu diperas. Campur dengan gula batu secukupnya. Minum ramuan ini 2x sehari.

Eksem

Cara pengobatan: Cuci 1 buah mengkudu, sedikit kulit pohon mengkudu, akar mengkudu, lalu rebus bersama. Setelah dingin, gunakan untuk mencuci eksem.

Ketombe

Cara pengobatan: 2 atau 3 buah mengkudu matang dilumatkan dan diberi sedikit air. Peras. Airnya dipakai untuk keramas. Biarkan selama kira-kira 5 menit. Bilas dengan air bersih. Boleh memakai sampo untuk menghilangkan baunya.

Obat Encok, pegal linu

Cuci 5 helai daun mengkudu yang agak besar, lalu olesi dengan minyak kelapa. Garang di atas api sampai layu. Panas-panas tempelkan ke bagian yang sakit.

Masuk angin

Rebus 1 buah mengkudu, sepotong rimpang lengkuas dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Ramuan ini untuk diminum 2x sehari.

Radang tenggorokan dan amandel

Beberapa helai daun mengkudu dicuci, lalu direbus sampai matang. Daun ini dimakan sebagai lalap. Namun, setiap setengah jam sekali berkumurlah dengan air rebusan tersebut.


PENTING!
Sementara ini, pemakaian jus ini dilarang bagi para penderita kelainan fungsi jantung, sebab efek sampingannya ialah denyut jantung yang meningkat.


Sumber:
http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2013/11/manfaat-dan-khasiat-jus-buah-mengkudu.html
http://jussehatku.blogspot.com/2014/04/cara-membuat-jus-mengkudu-yang-enak.html

0 komentar:

Posting Komentar